5:57 AM | Author: Akhmad Fais Fauzi

20 tahun sudah saya tinggal di ibukota negara ini, Jakarta. Banyak sekali masalah perkotaan yang saya rasakan. Mulai dari macet, polusi, pencemaran lingkungan, permukiman kumuh, gak ada ruang terbuka hijau, ketimpangan sosial (yang kaya makin kaya, yang miskin makin miskin), dan banyak lagi masalah lain yang saya rasakan. Dalam diri saya, saya berpikir pasti ada sistem yang salah dalam hal ini. Menurut saya pribadi, akar masalah dari Jakarta adalah kesadaran masyarakat. Dalam hal ini saya mencermati masalah kemacetan. Apakah dengan memperlebar jalan akan mengurangi kemacetan? menurut saya tidak. Solusi akarnya yaitu ningkatin kesadaran masyarakat untuk ngegunain kendaraan umum dibanding kendaraan pribadi. Bayangin aja misalkan kuota 1 bus sekitar 50 org dibanding dengan mobil yang isinya rata2 cuma 1 orang. Kalo semua orang naik kendaraan umum pasti bakalan gak macet kota ini. Tapi kita gak nyalahin masyarakat kalo mereka gak naik kendaraan umum. Sebab kendaraan umum dijakarta itu sumpek, panas, kotor, polusinya tinggi, gak aman, ugal2an, gak berkualitas banget deh. Disini peran pemerintah khususnya dan semua pihak pada umumnya untuk berusaha ningkatin kualitas kendaraan umum. Jika kendaraan umum itu aman, bersih, teratur, tidak ugal2an, gak sumpek, n nyaman,, siapa yang gak mau naik kendaraan umum?. Bahkan lebih enak daripada naik mobil sendiri karena harus ngeluarin biaya mahal untuk bensin dan perawatan. Selain itu juga masih tetep kena macet lagi.
Karena itu, tantangan bersama ini harus di hadapi bersama juga. Masyarakat jangan cuma dipandang sebagai obyek pembangunan, tetapi juga sebagai subyek pembangunan. Dan yang gak kalah penting. uang pembangunan itu jangan sampe dikorupsi!!
-fais
Category: |
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

1 comments:

On February 12, 2021 at 5:27 PM , Vash Desain said...

Nice info, thanks for share, oh ya saya mau berbagi, baru saja saya menemukan Video Viral tentang Hobby jadi Bisnis trus minum Kopi Terbaik sambil belajar tentang Ekonomi Dan Budaya Maritim trus cari Paid Promote / Jasa Endorse untuk Jual Akik Gambar trus jual Printer kaos sablon digital habis itu cari Penyubur kandungan